Sabtu, 20 Agustus 2016

Proyek Robotika : Perlombaan Robot antar kelas

Terdapat SKS Proyek Robotika dalam jurusan teknik Mekatronika PENS. Mata Kuliah ini merupakan perlombaan robot yang diadakan setiap tahun berhadiah iming-iming nilai sempurna jika memenangkannya. Mahasiswa di wajibkan membuat robot dan mengikuti perlombaan sesuai ketentuan dari dosen pengampu.

Tantangan perlombaan adalah robot melewati jalur garis berwarna kemudian mengambil dan membawa obyek yang akan diletakkan pada kotak poin yang akan dihitung nilainya. Tantangan dipersulit dengan terdapat jembatan jungkit yang beralaskan almunium foil dan jalur yang tidak memiliki garis untuk mencapai garis finis.

Pembuatan robot dibagi menjadi 3 bagian besar yaitu : manufaktur, pengerjaan elektronik dan program. Pembuatan desain robot, bahan yang digunakan dan ukuran robot. Pengerjaan elektronika adalah membuat rangkaian elektronika yang disesuaikan dengan bentuk manufaktur robot, baik itu motor penggerak, mikrokontroller dan sensor. Kemudian langkah berikutnya adalah Assembly atau penggabungan antara bagian elektronik dan mekanik robot.


Gambar Desain Robot



Video Hasil Training Robot

0 komentar:

Posting Komentar